Jumat, 25 Februari 2011

Apa sech syi'ah itu?

assalamualaikum. .
Halo pembaca. . Hm, pengen tau g apa sech syi'ah itu? Dari berbagai sumber nih,
Banyak orang menyebutkan kalo syi'ah itu salah satu aliran atau mazhaa dalam islam. Muslim Syi'ah mengikuti islam sesuai yang diajarkan oleh Nabi Muhammad dan Ahlul Bait-nya. Syi'ah menolak kepemimpinan dari tiga Khalifah Sunni pertama seperti juga Sunni menolak imam dari Imam Syi'ah. Muslim Syi'ah percaya bahwa keluarga Muhammad (para Imam Syi'ah) adalah sumber pengetahuan terbaik tentang Qur'an,Islam, dan pembawa serta penjaga terpercaya dari tradisi Sunnah Nabi Muhammad. Secara khusus, Muslim Syi'ah mengakui Ali bin Abi Thalib sebagai penerus kekhalifahan setelah Nabi Muhammad, yang berbeda dengan Khalifah yang diakui oleh Muslim Sunni. Muslim Syi'ah percaya bahwa Ali dipilih melalui perintah langsung dari Nabi Muhammad, dimana perintah Muhammad berarti wahyu dari Allah SWT.
Perbedaan antara pengikut Ahlul Bait dan Abu Bakar menjadikan perbedaan pandangan yang tajam antara Syi'ah dan Sunni dalam penafsiran Al Qur'an,Hadist, mengenai Sahabat, dan hal lainnya. Tanpa memperhatikan perbedaan tentang Khalifah, Syi'ah mengakui otoritas Imam Syi'ah sebagai pemegang otoritas agama, walaupun sekte-sekte dalam Syi'ah berbeda dalam siapa pengganti para Imam dan Imam saat ini.
Bagaimana menurut kalian mengenai hal ini? Yah, kita sebagai manusia wajar lah kalo ad perbedaan. So, jangan jadikan perbedaan itu sebagai alasan adanya perselisihan. Oke!
Semoga tulisan ini bisa menambah wawasan kita ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar